Menjelang UPGRADE ke MyResto 3

Saya berharap MyResto bisa tumbuh dan berkembang bersama dengan masukan-masukan dari para pemakainya yang notabene adalah para pengusaha restoran/rumah makan. Jadi saya tidak ingin diam-diam saja melakukan "upgrade" tetapi mengkomunikasikannya di sini.

Saya menggunakan istilah "UPGRADE" bukan "update" karena peningkatan yang akan dilakukan sangat "besar", "banyak", dan "mendasar" :)
Mau-tidak-mau kali ini saya harus mengubah database, artinya file database yang lama tidak bisa dipakai pada program baru (tentu perlu fasilitas untuk import data ke program baru). Selain itu sistem penjualan juga harus di-redesign karena sistem sekarang masih menggunakan "sesi penjualan" untuk mengumpulkan order / nota penjualan ke dalam sebuah laporan penjualan. Pada program baru nanti "sesi penjualan" dipangkas sehingga pemasukan data pembayaran oleh kasir menjadi fleksibel. Order / pesanan pelanggan bisa dimasukkan oleh waitress / pelayan di terminal mana saja (boleh dimasukkan oleh kasir juga), dan pembayaran (payment) boleh dilakukan pada kasir mana saja. Jadi program baru benar-benar multiuser dan fleksibel.

Persoalan yang muncul adalah dalam hal registrasi program. Tentu harus ada beda "kontribusi" dari restoran yang besar dan resto yang masih "pemula" (biar adil). Pemakai "besar" diidentifikasikan dengan jumlah terminal yang digunakan, misalnya ada dua terminal (PC) yang disediakan untuk pemasukan data order oleh waitress, dua terminal untuk kasir, dan sebuah terminal untuk administrasi. Nah, gimana kalau jumlah terminalnya ditambah terus sehingga menjadi banyak? (sejalan dengan perkembangan restoran).

Soal lain adalah dalam hal fitur yang digunakan. Pada MyrResto tersedia fitur atau fasilitas misalnya untuk Reservasi, Kas Masuk/Keluar, Inventory, dan lain-lain. Kenyataannya, ada resto yang tidak memanfaatkan fitu tersebut karena sudah mempunyai sistem yang lain/ tersendiri. Jika demikian, pemakai seharusnya membayar biaya sesuai dengan fitur/ fasilitas yang dia gunakan saja (biar adil).

Masih ada beberapa soal lagi yang mesti dicarikan solusi pemecahannya yang optimum dan adil (fair). Namun cita-cita "besar" saya, MyResto mendatang juga akan bisa:

1. Pemasukan data order yang lebih mudah, misalnya dengan melengkapi daftar menu dengan gambar.
2. Bisa print "Kitchen / Beverage Slip" dimana support pada banyak kitchen dan beverage.
3. Bisa print "Table checker slip".
4. Urutan order yang masuk/dikerjakan oleh kitchen/beverage haruslah sesuai urutan "antri", dengan control terhadap delivery, sehingga jangan sampai meja A yang pesan duluan tetapi meja B yang mendapat antaran duluan tidak adil bagi customer).
5. Maunya sih menyediakan fasilitas juga buat control di dapur, misalnya item-item order langsung muncul di layar di dapur sehingga koki bisa langsung memasak sesuai urutan, atau memasak untuk beberapa order sekaligus jika order tersebut masuk dalam waktu yang hampir sama, lalu ketika delivery ada pengubahan status tiap item order mana yang sudah dideliver dan mana yang belum (tidak hanya menggunakan table checker).
6. Ada keinginan juga untuk menyediakan fasilitas Table Arrangement dimana petugas bisa mengatur penempatan tamu di meja, mengatur waiting list, dll.

Banyaklah yang ingin dilakukan, sesuai masukan-masukan dari pemakai dan "riset" yang kami lakukan selama ini. Mudah-mudahan mampu kami wujudkan, jadi mohon bantu doa dari teman-teman pemakai semua agar keinginan ini bisa terwujud.

Silahkan kirimkan email masukan-masukan dari Anda untuk kami pertimbangkan dalam upgrade MyResto 3. Siapa tahu ada yang penting justru kami missed, kan? OK, kami tunggu di: MyResto@RumahAccess.com

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar