Update Versi 2.18 (25 Okt 2015)

Saat ini makin banyak printer kasir (mini printer) yang murah. Tentunya ini menggembirakan sehingga makin banyak orang yang mampu membelinya terutama sebagai investasi murah pada toko atau resto. Sayangnya, printer "murah" juga membawa konsekwensi. Kami mendapat beberapa laporan dari pemakai MyResto yang membeli printer "China" (salah satunya merk Yongli) tidak berhasil mencetak bill atau struk penjualan, padahal ketika kami men-develop MyResto, kami mengujinya dengan printer seperti Epson seri TM tidak bermasalah. Ketika kami menguji printer Yongli, ternyata MS Access tidak bisa mendeteksi Print Area pada printer karena sangat kecil (tidak muat untuk mencetak bill atau struk walaupun yang paling kecil).



Selain itu, ada printer yang berhasil mencetak, namun tidak muat untuk mencetak keseluruhan struk. Spesifikasi printer sebenarnya 58mm, namun tetap tidak muat untuk mencetak struk yang lebarnya hanya 40mm.

Dari interaksi dengan pemakai, diperoleh solusi bahwa jika print margin di-set menjadi 0, maka printer tersebut bisa mencetak keseluruhan struk. Nah, update kali ini adalah untuk memenuhi permintaan pemakai tersebut, yaitu me-nol-kan print margin. Sayangnya, margin ini tidak bisa benar-benar di-set menjadi 0 (kami sudah mencobanya) namun hanya bisa minimum 5,08mm.

Dengan asumsi margin kiri dan kanan = 5.08mm, maka ruang cetak printer 58mm menjadi 46,96mm sehingga muat untuk mencetak struk yang sudah kami kecilkan lagi menjai 46mm.

Semoga dengan update ini, pemakai sudah bisa mencetak struk dan bill secara utuh tanpa harus mengatur margin printer secara manual ketika mencetak.

***

Oh ya bagi rekan-rekan calon pemakai MyResto, mohon dimengerti bahwa MyResto adalah program aplikasi Shareware, yang artinya kami hanya menyediakan program apa adanya. Anda melakukan download dan install sendiri, dan sebaiknya dicoba dan diuji dulu untuk mengetahui kecocokan dengan kebutuhan anda. Sebagai program Shareware, kami tidak memberikan jaminan apapun termasuk technical support. Jika selama ini kami selalu berusaha membantu pemakai MyResto adalah murni bantuan dan tidak mengikat, tidak ada biaya!

Ada problem-problem yang diajukan kepada kami yang sebenarnya tidak berkaitan dengan program MyResto, namun lebih kepada pengoperasian Windows. Untuk hal seperti ini, seharusnya dibantu oleh teknisi yang memahami Windows.

Untuk MyResto sendiri sudah kami sediakan Petunjuk Pemakaian yang lengkap, baik berupa petunjuk singkat yang muncul setelah instalasi (karena banyak pemakai yang 'malas' membaca), maupun dokumentasi lengkap pada Help (F1). Kami juga sudah menyediakan e-book tutorial yang bisa didownload pada halaman Download website ini. Kami percaya, jika 300an pemakai MyResto yang sudah registrasi bisa, masak anda tidak bisa.

Demikian, semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca Help (F1) dan melakukan backup file MyResto_data.accde

Tidak ada komentar:

Posting Komentar